Rabu, 15 Juli 2015


Bahan-bahan
350 gram Tepung Terigu (Segitiga Biru)
200 gram Mentega (Blue Band)
2 butir        Kuning Telur
50 gram        Gula Halus
100 gram Keju CRAFT (Parut Halus)
1 sdm Tepung Maizena
1 sdm Susu Bubuk
1 sdm Rum Butter
1/4 sdt Perisa Vanilli
2 buah Nanas (Parut Halus)
120 gram Gula Pasir
5 buah Cengkeh (Utuh)
2 batang Kayu Manis (+/- 3 cm)

Langkah
1.Pertama, Masak Filling Nastar alias Isian nanasnya. Saya pakai buah nanas ukurang sedang (+/-15cm panjangnya, lebar 10 cm), diparut halus pakai parutan keju, jangan ada bongkol sekecil apapun, harus halus. Lalu siapkan wajan dan masak parutan nanas tadi dengan gula pasir, cengkeh, dan kayu manis. Tidak perlu minyak goreng karena sudah ada air dari parutan nanas tadi. Masak sampai lengket seperti selai nanas, teksturnya agak sedikit kasar, dan wangi. Setelah itu diangin-anginkan dan dimasukkan ke kulkas (+/- 5 jam), bisa didiamkan pada suhu ruangan semalaman.

2.Kedua, kita buat Kulit Nastarnya. Masukkan mentega, gula, rum butter dan kuning telur dalam wadah. Kocok dengan mixer sampai rata, tidak boleh lebih dari lima menit ya. Kemudian masukkan susu bubuk dan perisa vanilli. Tepung terigu dimasukkan perlahan lahan dan terakhir parutan keju. Kocok rata sampai jadi adonan yang kalis tidak lengket di tangan dan empuk.

3.Ketiga, membuat Kue Nastar. Ambil alas plastik (bisa pakai sarung tangan plastik untuk sushi) dan pakai di tangan kiri. Ambil sedikit adonan dan remas dua kali, kemudian di pipihkan pakai tangan kiri tadi. Taruh isian nanas dan gulung hingga bulat. Kunci dari renyahnya nastar adalah sesedikit mungkin adonan bersentuhan dengan tangan, jadi gulung dengan cepat dan bulat sempurna ya. Dan bentuk nastar yang bulat kecil, jadi pakai adonan dan isian yang sedikit tapi hati-hati, jangan terlalu sedikit hingga jadi mini nastar

4.Taruh kue nastar mentah ke dalam loyang (saya pakai ukuran 26x26x3 cm), atur jarak tiap kue jadi lima buah tiap baris. Ini menjaga agar kue nastar tidak berdempetan saat dimasak nanti. Olesi bagian atas kue dengan kuning telur (saya gunakan trik campuran 1 kuning telur dan 1 sdm air matang) dan taburkan parutan keju sesuai selera. Perhatikan saat mengolesi kue ya, semakin banyak kuning telur yang menempel hingga luber ke bagian bawah kue,semakin merekatkan kue dengan loyang jadi saat di-entas dari loyang nanti sulit.

5.Panggang kue ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya (+/- 160C) sampai kuning kecoklatan dan warna keju berubah menjadi warna peach, kira-kira 15 menit.

Tagged: ,

0 komentar:

Posting Komentar